Back to Kompasiana
Artikel

Agama

Indra Sastrawat

Wija to Luwu, Alumni FE-Unhas. RELAWAN KALLA Lewat tulisan kita bisa saling berbagi dan mencurahkan selengkapnya

Nabi & Profesinya

OPINI | 18 August 2010 | 04:30 Dibaca: 2378   Komentar: 2   0

Tahukah anda, bahwa para Nabi juga punya keahlian bahkan banyak dari mereka dikenal mempunyai etos kerja yang luar biasa. Walau tugas utama para Nabi adalah berdakwah tapi oleh Allah mereka diberikan keahlian untuk bisa menghidupi dirinya dan keluarganya, kadang profesi itu berkaitan dengan kondisi sosial kultural masyarakat atau kaum para Nabi tersebut. Sebagai Khalifah di muka bumi para Nabi tidak diajarkan mengharapkan bantuan langit  atau menjadi peminta minta atas nama Tuhan.

Lalu apa profesi Para nabi itu ??  Nabi Adam sebagai Nabi Pertama dikenal sebagai Peternak dan petani yang andal, konon dizaman nabi Adam sudah mengenal cara bercocok tanam dan pengairan yang baik termasuk beternak mereka sudah hidup menetap bukan sebagai masyarakat nomaden. kisah Qurban anak nabi Adam bisa jadi salah satu contoh (QS 4:27-29).

selanjutnya Nabi Idris, tidak ada sumber yang jelas kecuali ada salah satu hadits yang mengabarkan kalau nabi Idris seorang penjahit. Kemungkinan juga Nabi Idris seorang yang ahli astronomi, zaman nabi Idris ilmu perbintangan /astronomi sangat digemari ada sejarawan yang mengaitkan dengan pembangunan Piramida di Mesir (nabi Idris hidup sebelum piramid dibangun).

lalu bagaimana dengan Nabi Nuh, Nabi Nuh seorang ahli Perkapalan atau tukang pembuat kapal. Dalam Teks Quran di jelaskan Nabi Nuh membuat kapal diatas Gunung untuk mengantisipasi datangnya banjir besar, saya yakin Allah menyuruh membuat Kapal tersebut karena kaum Nabi Nuh memang jago membuat kapal apalagi mereka hidup di dekat sunga Eufrat dilembah Tigris yang subur.

Nabi Shaleh merupakan satu dari 4 Nabi yang hidup di jazirah Arabia, kaum nabi Shaleh sangat mahir dalam ilmu pahat, mereka memahat dinding untuk dijadikan rumah dengan berbagai gambar (QS 7:74), sisa-sisa kemampuan kaum Nabi Shaleh masih terekam dilanjutkan anak cucu mereka yang berhasil membangun kota tua Petra di Yordania.

Lanjut ke Nabi Yusuf, Nabi Yusuf yang keturunan Yakub (Israil) hidup di Mesir (sebagai imigran). Sejak jaman dahulu bangsa Mesir dikenal mempunyai sistem administrasi pemerintahan yang sangat rapi. Bangsa Mesir dianggap sebagai bangsa tertua yang mengenal sistem pencatatan keuangan negara yang rapi walau cukup sederhana karena masih memakai sistem single entry (sekarang memakai double entry lazim dikenal dengan istilah Debet & Kredit). Dan nabi Yusuf di beri tugas sebagai bendharawan negara Mesir lihat teks Quran (QS 12:55-56). jaman modern sekarang tugas pencatat keuangan dikenal dengan nama Accountant.

Nabi terbesar  bani Israil yaitu Nabi Musa dikenal sebagai pengembala ternak di negeri Madyan (QS 22:22-28) . sebagian besar nabi di Timur tengah adalah pengembala ternak. Sedangkan Nabi Harun merupakan ahli dalam komunikasi, Nabi Harun diangkat Nabi untuk membantu tugas Nabi Musa.

Nabi Daud yang diberi kitab Zabur merupakan Pandai Besi yang hebat. pada Zaman nabi Daud sering terjadi peperangan tapi ilmu penggunaan besi baru diajarkan Allah ke Nabi Daud, jadi jangan heran kalau raja jalut yang hebat bisa dengan mudah dikalahkan Nabi Daud (QS: 2:251). Sampai sekarang kisahnya dikenal dengan cerita David (Daud) Vs Goliath (Jalut).

Anak Nabi Daud adalah Nabi Sulaiman dikenal sebagai nabi yang ahli dibidang Konstruksi bangunan dan juga seorang ahli Etologi suatu cabang ilmu Zoologi yaitu mempelajari tentang prilaku hewan. Namun sayang sekali sisa-sisa kehebatan bangunan Nabi Sulaiman tinggal reruntuhannya saja, dihancurkan oleh raja Nabukadnezar dari Babylonia. Baitul maqdis yang sekarang adalah salah satu kompleks bangunan yang dibangun  Nabi Sulaiman. Bahkan ada yang mengatakan candi Borobudur di tanah Jawa dibangun oleh Nabi Sulaiman, wallahualam?

Nabi bani Israil yang lain adalah Nabi Zakaria, dalam salah satu hadits dikatakan Nabi Zakaria adalah tukang kayu. Nabi Zakaria merupakan bapak Nabi Yahya.

Nabi Berikutnya adalah Nabi Isa, nabi paling fenomenal dalam sejarah kenabian kisah hidupnya diperdebatkan Islam & Kristen. lalu apa keahlian nabi Isa ??? jaman Nabi Isa ilmu pengobatan medis berkembang sangat pesat pengaruh dari kebudayaan Yunani walau kadang masih bercampur dengan mistis. oleh Allah, Nabi Isa diberikan kelebihan bisa menyembuhkan orang buta dari lahir bahkan bisa menghidupkan orang yang sudah mati (QS:3:49).

Yang terakhir adalah Nabi penutup & Nabi akhir zaman. Nabi Muhammad dikenal sebagai seorang saudagar/pedagang yang hebat (beliau lebih lama jadi saudagar kurang lebih 25 tahun dibanding jadi nabi selama 23 tahun) disamping itu nabi Muhammad juga seorang pemimpin militer yang hebat, ahli pengobatan yang andal dan Negarawan yang bijaksana.

Indra Sastrawat

Mksr,18-08-2010

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Saat Hari Anak Nasional Terlupakan oleh …

Topik Irawan | | 23 July 2014 | 18:53

Parcel Lebaran Dibuang ke Jalan …

Roti Janggut | | 23 July 2014 | 17:43

Efek Samping Kurikulum “Cepat Saji” …

Ramdhan Hamdani | | 23 July 2014 | 18:46

Mengejar Sunset dan Sunrise di Pantai Slili …

Tri Lokon | | 23 July 2014 | 20:12

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Kata Ahok, Dapat Jabatan Itu Bukan …

Ilyani Sudardjat | 7 jam lalu

Siapkah Kita di “Revolusi …

Gulardi Nurbintoro | 8 jam lalu

Psikologi Freud dalam Penarikan Diri Prabowo …

Sono Rumekso | 10 jam lalu

Film: Dawn of The Planet of The Apes …

Umm Mariam | 13 jam lalu

Seberapa Penting Anu Ahmad Dhani buat Anda? …

Robert O. Aruan | 13 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: